Kompetensi Dasar 4.7 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar, barang dan jasa. Setiap daerah tentu memiliki pasar. Pasar merupakan faktor penting bagi perekonomian. Ada berbagai struktur pasar dalam perekonomian di suatu negara. Masing-masing struktur pasar memiliki ciri khas tersendiri.
o Pasar konkret
Pasar yang ada di daerahmu biasanya berbentuk pasar konkret. Pasar konkret memiliki aktivitas jual beli secara langsung.
o Pasar abstrak
Pasar abstrak aktivitasnya dilakukan melalui telefon, surat dan lain-lain, yang intinya adalah penjual dan pembeli melakukan transaksi tanpa bertatap muka langsung.
A. Pengertian Pasar
Pasar adalah tempat dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan. Pasar memiliki struktur, struktur pasar adalah berbagai hal yang dapat memengaruhi tingkah laku dan kinerja suatu perusahaan dalam pasar. Struktur pasar yang kompetitif adalah dimana perusahaan-perusahaan di dalamnya sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk memengaruhi harga dan jumlah barang di pasar. Pasar memilki fungsi sebagai berikut.
a. Pembentukan Nilai Harga Pasar berfungsi untuk pembentukan harga (nilai) karena pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang kemudian saling menawar dan akhirnya membuat kesepakatan suatu harga. Harga atau nilai ini merupakan suatu hasil dari proses jual beli yang dilakukan di pasar.
b. Pendistribusian Pasar mempermudah produsen untuk mendistribusikan barang dengan para konsumen secara langsung. Pendistribusian barang dari produsen ke konsumen akan berjalan lancar apabila pasar berfungsi dengan baik.
c. Promosi Pasar merupakan tempat yang paling cocok bagi produsen untuk memperkenalkan (mempromosikan) produk-produknya kepada konsumen karena pasar akan selalu dikunjungi oleh banyak orang, meskipun tidak diundang.
B. Pasar Barang (Pasar Output/konsumsi)
Pasar barang konsumsi adalah pasar yang digunakan untuk memperjualbelikan barang-barang dan jasa-jasa hasil produksi dari pihak produsen.
1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna pasar dimana keadaaan penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil interaksi antara perminaan dan penawaran. Ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna, yaitu sebagai berikut.
a. Banyak penjual (perusahaan) dan pembeli.
b. Produk-produk homogen (serba sama).
c. Pasar yang bebas dimasuki dan ditinggalkan.
d. Konsumen mengetahui kondisi pasar.
e. Faktor-faktor produksi bergerak bebas.
f. Tidak ada campur tangan pemerintah.
Pasar persaingan sempurna mendidik masyarakat untuk melakukan proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai pada masyrakat adalah produk dengan mutu terbaik dan harga yang murah. Karena jika produsen memproduksi barang dengan biaya diatas harga pasar akan mengalami kerugian dan produknya kalah bersaing. Kebaikan pasar persaingan sempurna, yaitu sebagai berikut.
a. Tidak ada persaingan antarpenjual.
b. Penjual tidak mengadakan persaingan harga karena harga adalah sesuatu yang harus diterima masing-masing produsen.
c. Barang yang dijual akan tetap laku meskipun harganya mahal.
d. Adanya keseragaman produk.
e. Jumlah saingan sangat tidak terbatas.
f. Harga tidak bisa dipengaruhi siapa pun.
Kelemahan pasar persaingan sempurna, yaitu sebagai berikut.
a. Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai karena adanya homogenitas barang, sedangkan konsumen lebih suka barang yang heterogen (banyak pilihan alternatif) dan harga tidak dapat ditawar.
b. Kemajuan IPTEK menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis barang sehingga terjadi persaingan produk antara produsen.
c. Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat diprediksi dari awal.
d. Adanya pasar gelap (black market).
Di dunia sulit untuk menemukan pasar persaingan sempurna. Setiap penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga. Artinya, mereka merupakan pengikut harga. Padahal setiap penjual dan pembeli juga memiliki informasi yang lengkap dan sama tentang produk yang diperjualbelikan. Jika penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga maka tidak akan terjadi kesepakatan harga.
2. Pasar persaingan tidak sempurna.
a. Pengertian pasar persaingan tidak sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna ( imperfect competition) dapat didefinisikan sebagai pasar yang didalamnya terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga.
Pasar persaingan tidak sempurna ( imperfect competition) dapat didefinisikan sebagai pasar yang didalamnya terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga.
b. Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
1) Pasar monopoli
Monopoli adalah penguasaan atau pemasaran barang /jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha. PASAR MONOPOLI (monopoli umu) adalah pasar yang didalamnya hanya terdapat satu pelaku atau suatu kelompok pelaku usaha perusahaan/produsen/ penjual) produk sejis, sehingga pelaku usaha tersebut akan dpat menentukan harga jual produknya sendiri dengan mudah karena tidak ada pesaing.
Monopoli dalam usaha, dapat timbul karena berbagai macam situasi :
Keinginan pengesaha untuk menguasai pasar yang luas.
Keadaan alam suatu wilayah merupakan daerah satu-satunya yang menjadi penghasil barangtertentu.
Adanya penghargaan dan kepercayaan masyarakat terhadap suatu hasil produk dari perusahaan tertentu.
Suatu produksi yang diproduksi oleh sebuah perusahaann belum ada subsitusinya.
Undang-undang yang mengatur monopoli suatu barang yang bersifat strategis bagi negar dan masyarakat.
2) Oligopoly
Pasar oligopoli adalah pasar yang didalamny aterdapat beberapa penjual ( sedikit). Salah satu strategi yang dapat ditempuh oleh perusahaan –perusahaan dalam oligopoly untuk mengusai pasar adalah dengan membuat model spesifikyang diperkrakan akan digemari konsumen, memrikan merek yang mudah di ingat dan harga yang memadai sesuai dengan mutu produk serta pengiklanan yang menarik.
3) Monopson dan oligopsi
sumber barang atau barang menath merupakan sesuatu yang penting bagi pengusahaprodusen. Penguasaan sumner pasokan biasanya ditujukan untuk menunjang kelancaran produksi atau kontiniutas penjualan.
sumber barang atau barang menath merupakan sesuatu yang penting bagi pengusahaprodusen. Penguasaan sumner pasokan biasanya ditujukan untuk menunjang kelancaran produksi atau kontiniutas penjualan.
a) Monopsi
monopsi adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang/jasa oleh satu perusahaan sebagai pembelian tunggal. Pembelian tunggal seprti ini sering timbul karena perilaku produsen dan ditujukan untuk menguasai produk, harga, dan pasar oleh perusahaan tersebut.
keburukan monopsi ini adalah menutup kemungkinan pihak lain untuk mendapatkan sumber pasokan factor produks(bahan mentah).
monopsi adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang/jasa oleh satu perusahaan sebagai pembelian tunggal. Pembelian tunggal seprti ini sering timbul karena perilaku produsen dan ditujukan untuk menguasai produk, harga, dan pasar oleh perusahaan tersebut.
keburukan monopsi ini adalah menutup kemungkinan pihak lain untuk mendapatkan sumber pasokan factor produks(bahan mentah).
b) Oligopsoni
oligopsoni adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang/ jasa oleh beberapa pelaku usaha secara bersama (biasanya klompok perusahaan). Oligopsoni menunjukan pada suatu kondisi pasar yang di dalamnya terdapat beberapa pembeli, Masing-masing pembeli mempunyai peran yang cukup besar untuk mempengaruhi harga barang yang dibelinya.
oligopsoni adalah penguasaan pembelian atau pasokan barang/ jasa oleh beberapa pelaku usaha secara bersama (biasanya klompok perusahaan). Oligopsoni menunjukan pada suatu kondisi pasar yang di dalamnya terdapat beberapa pembeli, Masing-masing pembeli mempunyai peran yang cukup besar untuk mempengaruhi harga barang yang dibelinya.
3. Pasar Persaingan Monopoli
Pasar persaingan monopoli/ monopolistic adalah pasar yang didalamnya terdapat banyak pembeli dan beberapa penjual yang mengadakan transaksi pada beberapa tingkat harga yang di dalamnya terdapat banyak pembeli dan bebebrapa penjual yang mengadakan transaksi pada beberapa tingkat harga.
Pembedaan Produk /diferensiasi (product differentiation) kondisi monopolistic terbentuk jika pasar dikuasai oleh beberapa penjual /peodusen dari satu jenis barang /jasa yang berlainan kualitas, bentuk, dn ukuran, perbedaan tersebut merupakan spesifikasiproduk yang sengaja dilakukan. Unsur monopoli tampak dalam penyediaan produk yang homoge, sedangkan unsure persaingannya tampak dari adanya beberapa produsen/penjual dari produkyang homogen.
secara umum, Ciri-Ciri pasar persaingan monopolistic :
a. Jumlah produsen/penjual cukup banyak, tetapi tetapi tidak sebanyak pasar persingan sempurna;
b. Masing-masing produsen/penjual masih dapat mempengaruhi harga, walaupun sifatnya tidak mutlak;
c. Barang yang diperjual-belikan tidak terlalau homogen, tetapi ada perbedaan walaupun perbedaan tersebut hanya pada merek, mutu, warna, dan ukuran.
Pasar barang dapat dibagi lagi menjadi dua macam, yakni:
· Pasar Barang Nyata/Riil
Pasar Nyata/Rill |
Pasar barang nyata adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang bentuk dan fisiknya jelas. Pasar ini mempertemukan antara penjual dengan pembeli secara langsung (face to face) dan ada tawar-menawar, ada barang dagangan, ada transaksi, penyerahan barang secara langsung. Contohnya adalah Pasar Kebayoran Lama, Pasar Senen, pasar malam, pasar kaget, dan lain-lain.
· Pasar Barang Abstrak
gambar pasar abstrak |
Pasar barang abstrak adalah pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak riil secara fisik. Pasar ini mempertemukan penjual dan pembeli, di mana penjual hanya membawa contoh barang saja atau dalam pasar tersebut tawar-menawar dilakukan melalui internet, surat kabar, telepon, faximile. Contoh jenis pasar ini adalah pasar komoditas yang menjual barang semu seperti pasar karet, pasar tembakau, pasar timah, pasar kopi dan lain sebagainya.
PERANAN PASAR
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi perekonomian. Berikut ini beberapa peranan pasar.
1. Peranan Pasar bagi Produsen
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi produsen yaitu membantu memperlancar penjualan hasil produksi dan dapat pula digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan atau memperkenalkan barang dan jasa hasil produksi. Selain itu produsen juga dapat memperoleh barang atau jasa yang akan digunakan untuk keperluan proses produksi.
2. Peranan Pasar bagi Konsumen
Pasar mempunyai peranan yang sangat penting bagi konsumen, karena konsumen mudah untuk memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan. Apabila pasar semakin luas, konsumen akan semakin mudah memperoleh barang atau jasa yang dibutuhkan.
3. Peranan Pasar bagi Pembangunan
Peranan pasar bagi pembangunan adalah menunjang kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung. Upaya dalam meningkatkan pembangunan, pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar juga dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.
4. Peranan Pasar bagi Sumber Daya Manusia
Kegiatan perdagangan di suatu pasar membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Semakin luas suatu pasar, semakin besar tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan, berarti pasar turut membantu mengurangi pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.
HUBUNGAN ANTARA PASAR DENGAN DISTIRBUSI
Pasar merupakan bagian dari kegiatan distribusi yang berfungsi menyalurkan atau menyampaikan barang dari produsen kepada konsumen melalui para pedagang. Barang-barang yang dihasilkan oleh produsen bukan untuk dikonsumsi sendiri, tetapi perlu disebarluaskan kepada masyarakat umum. Pasar dalam kegiatan distribusi memiliki peranan yang cukup penting.
Berikut ini fungsi hubungan antara pasar dengan distribusi.
1. Fungsi Pertukaran
Keterkaitan antara pasar dengan distribusi berfungsi sebagai pertukaran. Orang-orang yang menjual barang di pasar akan berperan sebagai pedagang sekaligus penyalur barang ke konsumen. Para pedagang tentunya akan memilih barang-barang yang disenangi oleh pembeli. Apabila barang-barang tersebut digemari oleh pembeli maka barang-barang yang ditawarkan akan laku terjual. Dengan demikian kegiatan distribusi akan lancar dan pedagang pun akan mendapat keuntungan.
2. Fungsi Penyediaan Fisik
Pasar dan distribusi mempunyai fungsi penyedia fisik, artinya pasar akan menyediakan barang-barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Barang-barang tersebut akan diperoleh dari produsen melalui distributor. Barang-barang akan dikumpulkan untuk kemudian dijual ke konsumen. Barang-barang yang dijual oleh pedagang tidak akan habis dalam waktu sehari. Pedagang akan menyimpan sisa barang yang dijualnya di gudang sebagai persediaan untuk dijual kembali di hari berikutnya. Dengan demikian fungsi ini berkaitan dalam hal pengumpulan, penyimpanan, pemilihan, dan pengangkutan.
3. Fungsi Penunjang
Fungsi penunjang antara pasar dengan distribusi dilakukan untuk membantu dan menyempurnakan fungsi pertukaran dan penyediaan fisik agar dapat berjalan dengan baik. Pasar dan distribusi dapat digunakan sebagai sarana penunjang dalam memperkenalkan barang-barang yang dihasilkan oleh produsen. Misalnya dengan memasang iklan di pasar atau menyebarkan pamflet kepada konsumen. Dengan demikian konsumen akan mengetahui produk-produk baru tersebut.
KEGUNAAN PASAR BAGI KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT
Dalam pasar konkrit barang yang diperdagangkan tersedia di pasar, sehingga pembeli dapat secara langsung memilih barang yang ia sukai dan secara langsung dapat membeli barang tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena itu, pasar konkrit mempunyai banyak kegunaan dalam kegiatan ekonomi masyarakat, antara lain dapat digunakan untuk:
1. Menyalurkan barang yang dihasilkan oleh produsen. Pasar konkrit akan mendistribusikanhasil produksi para produsen ke konsumen. Di pasar kongkrit produsen menawarkan barang dan konsumen akan membeli barang sesuai dengan tingkat pendapatan dan kebutuhannya.
2. Sebagai tempat transaksi jual beli barang maupun jasa yang dihasilkan masyarakat.
3. Membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
4. Membantu meningkatkan pendapatan masyarakat.
0 Response to "Mendeskripsikan berbagai Bentuk Pasar Barang Dan Jasa"
Post a Comment